Kamis, 03 Maret 2011

Cara Tepat Pergi ke Rumah Sakit dengan Mengenali Tanda Persalinan

Ayah Bunda tentu pernah merasa bingung ketika mendekati waktu melahirkan, kapan sih sebetulnya waktu yang tepat untuk berangkat ke rumah sakit bersalin?.. 

Banyak lho kisah nyata seorang bunda yang akhirnya melahirkan di rumahnya tanpa ada seorang bidan atau dokter bahkan suami di sampingnya.. bunda ini berpikir 'lho kok secepat ini'.

Tapi ada juga lho bunda yang merasakan mulas dan perut menegang langsung pergi ke rumah sakit bersalin. Sampai disana eh malah disuruh pulang lagi. Ya karena prediksinya masih lama. Atau minimal nunggu seharian di rumah sakit kalau ngga mau pulang. 

Kondisi seperti banyak sekali dialami oleh pasangan keluarga muda-mudi pada kehamilan pertamanya. Memang sih proses persalinan berbeda pada setiap wanita tapi tanda-tanda dari persalinan adalah sama. 

Nah dengan mengetahui tanda-tanda persalinan akan mengerti kapan saat yang tepat untuk pergi kerumah sakit dan apa saja yang dapat dilakukan bila tanda-tanda persalinan ini ada pada anda.

Ayah bunda berikut tanda-tanda persalinan yang diambil dari Dr.Suririnah www.InfoIbu.com

Lendir Bercampur Darah
Pengeluaran lendir bercampur darah. Terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir yang berwarna kemerahan karena bercampur darah.

Apa yang harus dilakukan:
Pengeluaran darah dan lendir dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai anda mendapat kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah, sebelum anda pergi kerumah sakit.
Anda harus menghubungi dokter anda bila terjadi pendarahan hebat.

Air Ketuban Pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar ( Normal air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau).

Apa yang harus dilakukan:
Hubungi dokter anda dan segera ke rumah sakit, walaupun anda belum merasakan kontraksi, karena ini menjadi resiko infeksi. Sementara diperjalanan gunakan pembalut wanita untuk dapat menyerap cairan ketuban anda.

Kontraksi Yang Teratur
Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Apa yang harus dilakukan:
Ketika kontraksi nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya.
Catatlah lamanya waktu antara satu kontraksi dengan kontraksi berikut, dan lamanya kontraksi berlangsung. Persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. 

Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit. Jangan lupa membawa tas yang sudah anda siapkan.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Maaf ya GAN numpang iklan kali aja ada yang membutukan obat penenang,,ALPRAZOLAM RIKLONA,TRAMADOL,HEXYMER,DUMOLID,THATIONIL INJEKSI DAN TABLET,,Dan lain-lain,,silahkan mampir diblog kami ya http://vinnazolam.blogspot.co.id/ atau invite aja pin BB kami 2A065E1B ,, dijamin ok gan..dan layanan kami tidak tipu-tipu.kepuasan pelanggan paling kami utamakan.

Posting Komentar