Kamis, 17 Maret 2011

Aqiqahonline Talk Show di Trijaya FM Bandung




Ayah Bunda berikut ini kami sampaikan point-point penting saat talkshow di Trijaya FM Bandung 15 Maret 2011 bersama pakar bisnis Fauzi Rachmanto dan owner www.aqiqahonline.com Muhammad Yasin dan Redy Ryady

Segemen I
Fauzi Rachmanto
- Apa usaha yang dijalani?
- Mengapa menggunakan internet untuk memasarkan?
- Sejak kapan menggunakan media internet? Bagaimana hasilnya?

Tim Aqiqahonline
- Usaha yang kita jalani saat ini adalah layanan domba aqiqah dengan branding di internet www.aqiqahonline.com.  Kami memiliki 4 program diantaranya program aqiqahku, aqiqah mereka, berbagi aqiqah, dan pundi aqiqah. 

- Kami memilih jalur internet karena beberapa tahun ini kami melihat masyarakat sudah beralih menggunakan internet untuk melakukan interaksi dan mencari referensi. Hal ini disebabkan oleh kampanye dari pemerintah sendiri yang menurunkan tarif internet. dan kita lihat sekarang provider saling perang menjatuhkan harga internet. Dan saat ini perumahan di komplek mayoritas sudah memasang jaringan internet dan hanphone mereka sudah terkoneksi dengan internet.

Kami kira ini perubahan pola perilaku belanja masyarakat kita yang sudah beralih. Apalagi yang namanya aqiqah itu ga bisa didapat di kota, berbeda dengan baju, elektronik dan lain lain, pasti mereka mencari refensi yaitu yang paling mudah dengan internet.

- Aqiqahonline ini belum setahun, kita launching bulan Agustus 2010, dan pada bulan itu kita sudah meraup omset sampai 4 juta, setelah itu 10, juta, 15 juta, 20 juta, 25-30 juta.

Fauzi Rachmanto
- Apa tujuan aqiqahonline.com
- Siapa pelanggan yang disasar aqiqahonline.com
- Darimana sumber produk, sendiri atau pihak lain?
- Alat bantu apa yg digunakan?
- Punya jadwal tetap utk mengakses internet?

Tim Aqiqahonline
- Tujuan kita mendirikan aqiqahonline adalah pertama kita ingin menyampaikan kepada masayarakat bahwa ada sunnah rasul untuk melakukan syukuran atas kelahiran anak yaitu aqiqah.

Kedua kita ingin membantu para peternak di jawabarat terutama di daerah pedalaman supaya mereka bisa lebih sejahtera. Jadi mereka dapat untung berlimpah tidak hanya di bulan kurban saja.

Ketiga pemerataan distribusi daging aqiqah dari kota ke desa-desa terpencil yang membutuhkan.

- Pelanggan kita adalah orang yang mampu melaksanakan aqiqah. Karena domba di kita minimal 900.000 . Sedangkan maksimal bisa sampai 2 juta.

- Sumber domba kita berasal dari peternak di Jawabarat. dan kita investasikan uang kita untuk pembelian  domba bakalan atau domba kecil untuk dibesarkan sama meraka dengan pola bagi hasil. Mitra kita saat ini yang sudah aktif baru tiga. Dari cimahi utara, dari perbatasan subang bandung, dan dari ciparay.

- alat bantu masih website dan beberapa lapak di situs lain. Nanti Agustus 2011 kita coba nyasar offlain.

- Kita punya jadwal online setiap hari kita upayakan dari mulai pukul 07.00 sampai 21.00. Karena di situs kita ada fasilitas chatting yahoo masangger

Fauzi Rachmanto
- Pernah menggunakan tools gratis di internet?
- Bagaimana cara aqiqahonline.com untuk menghemat biaya internet?

Tim Aqiqahonline
- Ya, kita gunakan SME (sosial media marketing) seperti blog baik blogspot atau wordpress, jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan semua fjb (forum jual beli) seperti kaskus. Karena media sosial ini media komunikasi orang nonkrong disana, cuap-cuap, ngobrol dan lain-lain. Kita juga disana menggunakan bahasa mereka.

Nah kenapa ini dipilih karena kita melihat google itu di Indonesia puluhan tahun belum pernah ada yang mengalahkan. Tapi sekarang google sudah kalah dan yang mengalahkannya adalah jajaring sosial yaitu facebook. Ini bisa dilihat dipageran alaxa situs penyedia informasi PR dengan jumlah pengunjung.

- Untuk menghemat biaya internet kita pilih provider yang murah dan yang sebulan unlimited seharga 50.000 sekarang ini sudah banyak.

Fauzi Rachmanto
- Bagaimana aqiqahonline.com melakukan optimasi SEO?
- Bagaimana aqiqahonline.com menjaring "massa" melalui sharing knowledge di internet dn sosial media?

Tim Aqiqahonline
- SEO itu ada 2 katagori, dan ini kita gunakan, yaitu ON Page, Off Page. Untuk on page domain kita www.aqiqahonline.com sudah memiliki satu keyword yaitu aqiqah. Kemudian Titlenya adalah layanan aqiqah online ini juga sudah mengandung keyword aqiqah. Selanjutnya kita masukan Meta Description yaitu aqiqahonline adalah layanan akikah bersertifikat berpusat di Bandung dengan program aqiqahku, aqiqahmereka, berbagi aqiqah dan pundiaqiqah. Dan kita juga tidak lupa memasukan meta keyword aqiqah, akikah, aqiqah bandung, Bandung, domba bandung, domba sapi kurban. Dan di setiap halam  kita gunakan teks menu yang ada kata-kata aqiqahnya.

Sedangkan Off Pagenya berupa link dari situs lain yang memiliki PR lebih tinggi dari situs saya, seperti di profile google, dan frofle2 situs lainnya yang saya daftar. Di jejaring sosial FB, twiter, youtube, dan FJB, Blog,google maps

- Kita menjaring massa dengan cara mempublish beberapa tips kesehatan seputar ibu dan bayi di blog kita. Kita kemarin melaunching blog aqiqahmenyapa.blogspot.com itu pengunjungnya sudah banyak. Di bawahnya kita tulis situs kita.

Fauzi Rachmanto
- Bagaimana tingkat kepercayaan pelanggan?
- Adakah pelanggan yang skeptis? Bagaimana menghapus keraguan mereka?
- Bagaimana memastikan produk yang dideliver sesuai dengan yang dibayangkan pelanggan?
- Bagaimana menangani komplain pelanggan?

Tim Aqiqahonline
- Nah ini beda-beda ada yang hanya mengisi formulir saja, terus dia transfer, terus konfirmasi via sms ke kita. Ada juga yang menelpon dulu baru dia mengisi formulir selanjutnya dia transfer. Ada juga yang nelpon dan dia ingin datang ke kantor untuk menanyakan hal-hal teknis terus disana melakukan transaksi.

- Mungkin ada saja pelanggan yang skeptis. Cara menghapusnya, saya memilih design situs yang bagus. Saya sertakan beberapa foto hasil kita bukan copas (copy dan paste) baik domba, aktifitas kita dan produk kita. Kita juga sertakan rekening, alamat lengkap, testimoni, dan email dari domain kita, bahkan kita sertakan google maps di menu kantor kami, dan kita juga gunakan yahoo masengger untuk komunikasi.

- Untuk memastikan produk kita gunakan foto.

- Komplain pelanggan kita bs seputar keterlambatan pengiriman, salah tanggal di laporan pengiriman, dan ini yang membuat saya merinding penurunan kualitas rasa daging. Kalau terjadi kesalahan ini pertama kita meminta maaf, kedua kita akan menggantinya. Atau kita memotong harga.


www.aqiqahonline.com

1 komentar:

Posting Komentar