Jumat, 18 Maret 2011

Ini Dia Empat Olahraga Seru Saat Hamil

Ayah Bunda olahraga itu memang penting, bahkan saat hamil bunda hamil, bukan berarti bunda harus berhenti olahraga. Justru dengan olahraga tubuh akan lebih fit dan kehamilan jadi lebih sehat. 

Ayah bunda ada empat jenis olahraga seru yang tetap bisa bunda lakukan semasa hamil.

Yaitu yoga, pilates, berenang dan berjalan. Keempatnya memiliki manfaat sendiri bagi kehamilan bunda. Ketahui apa saja manfaatnya, seperti dikutip dari vivanews yang dilansir dari au.lifestyle.yahoo.com.

1. Yoga
Yoga sangat bagus untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengencangkan otot-otot di panggul dan rahim serta meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat lainnya yaitu teknik terapeutik. Teknik dalam yoga ini dapat membantu relaksasi dan serta mengurangi rasa nyeri dengan pengaturan napas.

2. Pilates
Latihan pilates berfokus pada kekuatan tubuh dan perbaikan postur. "Karena latihannya jenis low impact, aman dilakukan ibu hamil dan bisa meningkatkan denyut jantung dibawah 140 kali per menit, yang sangat penting selama kehamilan," kata dr. Mansberg, ahli kandungan asal Australia, seperti dikutip dari au.lifestyle.yahoo.com.

3. Berenang
Kolam renang bisa membuat tubuh terasa ringan, relaks dan terasa dingin. Berenang sebenarnya jenis olahraga high impact, tetapi aman dilakukan untuk ibu hamil.
Gerakan berenang menggerakan seluruh otot tubuh, membuatnya lebih fleksibel dan kuat. Berenanglah secara teratur dua hingga empat kali tiap minggu. Lakukan sekitar 30 menit.

4. Jalan kaki
Berjalan adalah salah satu latihan kardio terbaik selama kehamilan. Bunda bisa melakukannya di sekitar rumah, di atas treadmill atau di sekitar kantor saat makan siang.
Dengan berjalan akan meningkatkan energi serta daya tahan tanpa melakukan banyak tekanan pada pergelangan kaki atau lutut.


0 komentar:

Posting Komentar